Manfaat Jalan Kaki Sesaat Selesai Makan Malam untuk Kesehatan

Orang umumnya lebih suka jalan kaki pada pagi hari. Walau sebenarnya, jalan sesudah makan malam mempunyai beberapa faedah buat kesehatan. Anda dapat jalan dengan treadmill atau disekitaran rumah.

Tetapi, ada banyak hal yang harus diingat saat sebelum jalan kaki sesudah makan malam.

Diambil dari situs Eat This pada Senin, 26 Juli 2021, Rob Arthur C.S.C.S, pelatih atletik, menerangkan, jika pilih jalan pada malam hari yakinkan cari tempat yang cukup jelas dan Anda mengenali lajurnya.

Selanjutnya, Anda tidak perlu jalan yang super intensif saat sebelum tidur. Coba jaga kecepatan yang lebih halus supaya rileksasi yang lebih bagus pada malam hari.

“Olahraga yang terlampau intensif pas saat sebelum tidur bisa membuat badan Anda lebih susah untuk istirahat dan tidur,” kata Arthur.

Faedah Jalan Kaki Setelah Makan Malam

Lalu apa faedah jalan pada malam hari? Berikut rinciannya:

1. Pencernaan jadi lebih baik

Menurut Arthur, jalan-jalan pas sesudah makan malam bisa memberikan dukungan pencernaan yang lebih gampang,”Langkah (jalan) gerakkan badan Anda bisa menolong menolong pencernaan.”.

Sebuah study yang lebih tua pada 2008 di Journal of Gastrointestinal Liver Disease betul-betul mendapati jika berjalan pada atas treadmill yang lamban selekasnya sesudah makan memercepat proses pengosongan lambung.

Pengosongan lambung yang lebih lamban dihubungkan dengan mulas, jadi percepatnya dengan jalan kaki kemungkinan membuat Anda tidak rasakan sakit.

2. Menolong memanajemen gula darah

Jalan-jalan pas sesudah makan malam, kata Arthur, kemungkinan bisa menolong jaga kandungan gula darah sedikit konstan.

Sebuah study pada 2013 dalam jurnal Diabetes Care mendapati jika jalan kaki pada umumnya menolong tingkatkan kontrol gula darah. Tapi beberapa orang yang jalan kaki singkat sepanjang 15 menit sesudah setiap makan alami kenaikan glukosa darah yang lebih bagus dibanding beberapa orang yang jalan kaki sepanjang 45 menit pada pagi hari.

Bahkan juga, jalan kaki 10 menit sesudah makan malam bisa membuat ketidaksamaan kandungan gula darah untuk pasien diabetes type 2, sama seperti yang diperlihatkan dalam study Diabetologia 2016.

Apa argumennya?

“Sekresi insulin sebagai tanggapan pada makanan condong menyusut di masa datang,” kata profesor pengetahuan olahraga Loretta DiPietro ke TIME.

Banyak orang kandungan gula darahnya bertambah sepanjang beberapa jam selesai konsumsi makanan besar di pengujung hari. Ini bisa mengakibatkan masalah tidur, terlebih bila Anda menderita diabetes.

Tapi jika Anda jalan dan olahraga yang lain maka memakai glukosa untuk energi. Ini maknanya jalan sesudah Anda makan bisa menolong habiskan apa yang semestinya ada pada darah Anda.

Tetapi, tidak berarti jalanan sore hari ini sebagai alternatif penyembuhan bila Anda menanggung derita diabetes. Tetapi bisa dipakai untuk memberikan dukungan gagasan perawatan yang ada.

Faedah Yang lain

3. Tingkatkan metabolisme

Riset yang lebih baru memperlihatkan jika olahraga seperti jalan sesudah makan malam kemungkinan bagus untuk metabolisme Anda. Sebuah study kecil tahun 2021 yang diedarkan dalam jurnal Diabetologia mempunyai satu kelompok kecil pria yang ikuti diet tinggi lemak sepanjang lima hari, dan mencari mereka saat mereka olahraga baik di sore atau pagi hari.

Dalam diet tinggi lemak tingkatkan kandungan cholesterol kesemua peserta, mereka yang olahraga pada malam hari berkadar cholesterol lebih rendah dan kontrol gula darah yang lebih bagus dibanding lainnya.

4. Menolong santai

Jalan menolong melepas endorfin, neurotransmiter hati baik yang bisa tingkatkan situasi hati Anda.

“Jalan kurangi depresi, kekhawatiran, dan kecapekan, dan kurangi resiko Anda jadi depresi—sehingga berguna juga untuk kesehatan psikis Anda,” kata Holly Schiff, Psy.D.

Coba jalan sesudah makan malam dan badan Anda akan santai pada malam hari. Mengajak pasangan atau rekan untuk memperoleh faedah tambahan sosial.

About The Author

Reply